Batik Cirebon – Sosok di Balik Terkenalnya Batik Indonesia

batik cirebonBatik Cirebon – Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan pertama yang memperjuangkan budaya indonesia yang hampir punah yaitu batik, hingga Batik sudah diakui oleh UNESCO sebagai budaya indonesia yang mendunia.

Setelah berkunjung ke Tanah Air pada tahun 1990, mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, selalu mengenakan batik buatan Indonesia dan diperkenalkan berbagai macam motif batik dari beberapa daerah termasuk batik cirebon yaitu batik megamendung.

Batik kemudian menjadi pakaian resmi Mandela. Hal ini membuat batik populer karena rakyat Afrika Selatan berbondong-bondong mengikutinya.

Pengacara kondang Farhat Abbas mengakui peran Mandela sangat besar dalam memperkenalkan batik di mata dunia. “Batik yang digunakan Mandela itu dari Indonesia, Karena Mandela memakai batik, batik kemudian mendunia serta diakui dunia.”

Batik Cirebon – Peran Mandela memang sangat nyata. Semasa hidupnya, Mandela kerap memakai batik saat berkunjung ke negara-negara sahabat. Bahkan bisa dikatakan ia mengenakan batik dalam segala kegiatan. Batik yang dikenakan Mandela pun dinamai Madiba Shirt bagi rakyat Afrika Selatan.

Karena melihat Mandela sering mengenakan batik, rakyat Afrika Selatan pun turut mengenakannya. Batik juga menjadi inspirasi beberapa desainer lokal Afrika Selatan untuk membuat desain batik sehingga sekarang muncul Batik khas Afrika.

Kini, Mandela telah tiada. Kamis malam, 5 Desember 2013, Nelson Mandela mengembuskan napas terakhirnya. “Dunia mungkin kehilangan tokoh dunia. Tapi bagiku, kepergiannya membuat aku kehilangan dunia,” kata Farhat.( Batik Cirebon )

Sumber: Tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *